SPESIALIS KUNCI MOBIL DAN IMMOBILIZER

Rabu, 09 November 2016

Mengenal Remot Mobil Anti Starter

Beberapa bulan lalu atau mungkin tahun lalu (udah lama banget sih,, jadi saya juga agak-agak lupa. hehe. .) ada customer dengan mobil avanza plat merah datang ke lapak berniat menduplikatkan kunci mobilnya untuk cadangan
karena salah satu kunci dan remotnya hilang.Takutnya bila dikemudian hari, kunci dan remot yang tinggal satu-satunya juga ikut ngilang. Saya menyarankan kepada customer tersebut untuk sekalian menduplikatkan remotnya karena untuk mobil avanza tersebut sudah menggunakan sistem anti starter. Customer sempat bingung karena belum paham apa itu anti starter. Kemudian saya suruh customer tersebut untuk mengunci mobilnya dengan remot dan membukanya dengan kunci manual. Customer paham kalau yang ini. Mobil pasti meraung. Yaa. . karena program remot masih berjalan dengan ditandai lampu indikator remot yang berada disebelah kanan setir masih berkedip.
Kemudian customer saya suruh untuk menstarter mobilnya. Dan customer bingung kenapa tu mobil nggak mau brum. . yaa. . itu karena remot original mobil telah menggunakan sistem anti starter untuk menghambat pencurian. Mobil bisa brum setelah remot ditekan lock / unlock. Berbeda dengan remot-remot variasi yang dijual dipasaran dengan harga yang relatif cukup murah yang tidak menggunakan sistem anti starter. Berfungsi, tapi cuma untuk membuka, mengunci dan meraung. :D Tetapi banyak juga sih untuk remot mobil original yang belum menggunaklan sistem anti starter. Rata-rata mobil-mobil keluaran tahun lama. Untuk keluaran yang baru, rata-rata mobil telah menggunakan sistem immobilizer / smart key.
Untuk itu, cara diatas bisa dipraktekkan sendiri untuk mengetahui apakah mobil anda telah disertai anti starter atau belum.
Dan pada akhirnya, customer yang saya ceritakan tersebut tidak jadi menduplikatkan kunci mobilnya karena merasa tanpa remot, mobil nggak bisa brum. Dan terlebih itu mobil dinas, bukan mobil pribadi. :D