SPESIALIS KUNCI MOBIL DAN IMMOBILIZER

Senin, 07 November 2016

MENGENAL DASAR KERUSAKAN REMOT MOBIL

Pada banyak kasus, seringkali konsumen mengeluhkan tentang remot mobilnya yang rusak. Tidak bisa membuka dan mengunci pintu dengan remot. Akhirnya menggunakan kunci manual untuk membuka dan mengunci pintu mobilnya.
Dan saya Tanya : “ udah berapa lama pakai kunci manual untuk membuka dan mengunci mobil pak ?”. “Udah seminggu lebih mas” jawab konsumen . Setelah saya cek, ternyata hanya minta ganti baterai karena muatannya habis. Wow. . hanya masalah sepele ternyata. Tapi bagi yang belum tahu, ini masalah yang serius. hehee
Jangan terburu-buru menuduh remot anda rusak sebelum dicek. Berikut akan saya ulas cara mengenal dasar kerusakan pada remot.

1.       Baterai Habis.
Sebenarnya ini salah jika saya katakan remot rusak.hehe..  Baterainya aja yang tidak lagi berfungsi. Ciri-cirinya ketika kita tekan tombol gambar gembok terkunci (LOCK) atau gambar gembok terbuka pada remot (UNLOCK) lampu led pada remot nyala redup. Atau bisa juga dengan menekan bersamaan kedua tombol, lampu led tidak nyala sama sekali. Segeralah ganti baterai.

2.       Pemasangan Baterai Terbalik
Dulu saat awal saya mulai menekuni dibidang kunci mobil dan menerima jasa penggantian baterai remot, pernah kejadian sekali pemasangan baterai remot terbalik. Sempat panik juga karena yang tadinya remot masih bisa berfungsi meski kadang ngambek, setelah saya ganti baterai malah ngambek total. “Lho..kenapa ini ??” maklum masih diawal-awal tu. .  setelah saya buka casing dan cek ulang, ternyata benar saja salah masang. Akhirnya setelah saya membalik baterai, pencet tombol LOCK mobil langsung respon.

3.       Tombol LOCK dan UNLOCK Rusak
Ciri-cirinya ketika kita tekan tombol sirine atau tombol panic (pada remot yang telah dilengkapi) lampu led nyala terang, tapi ketika kita tekan tombol LOCK atau UNLOCK lampu led tidak nyala sama sekali. Tapi untuk tombol yang tidak dilengkapi tombol sirine atau tombol panic (biasanya pada remot variasi dengan harga yang relative murah atau mungkin juga murahan.hehee), terpaksa pengecekan manual melaui PCB remot. Memang untuk pengecekan ini tergolong masih susah mengingat pengguna mobil tidak semuanya mengenal elektronik. Untuk itu, pengecekan dalam hal ini mau tidak mau kita harus meminta bantuan kepada orang-orang yang tahu tentang bidang elektronika. Setelah dipastikan tombol rusak atau tidak ada arus setelah kita tekan tombol, solusinya adalah ganti tombol yang rusak tersebut.

4.       Sinyal Lemah
Untuk masalah yang ini, solusinya adalah ganti set modul. Ciri-cirinya ketika kita tekan tombol remot dari jarak agak jauh kadang nyanthol ngeLOCK kadang enggak. Tp ketika kita tempelkan remot tersebut di pintu kemudi atau kaca kanan kemudi kemudian kita tekan tombok LOCK mobil langsung respon. Kerusakan yang ini biasanya terjadi pad remot-remot variasi. Sebenarnya masih bisa diperbaiki. Tetapi mengingat yang bisa memperbaiki untuk kerusakan-kerusakan pada remot / modul remot masih jarang dan harga yang ditawarkan untuk ganti 1 set modul relatif murah dan masih terjangkau, saran saya sih lebih baik ganti set modul remot. Nggak ribet, tinggal colok-colok dan bisa ditunggu. Hee

Apalagi yaa ? J
Kayaknya cukup sekiap aja deh. .  kalau ada yang kurang, silahkan ditambahkan sendiri. Semoga bermanfaat.